Angklung Dalam Dunia Digital | AngklungKita

Angklung Dalam Dunia Digital

by | Jan 29, 2018 | artikel

Alat musik tradisional, bertahan atau mati?

Jumat, 26 Januari 2018, IndoLecture menyelenggarakan Ngumpul Barudak Angklung (Ngurulung) edisi ke-5. Acara bulanan yang ditujukan untuk menjadi wadah diskusi praktisi angklung ini membahas tema “Angklung dalam Dunia Digital.”

Founder & CEO IndoLecture, Roswita Amelinda, memaparkan kondisi dunia digital dengan mengangkat fenomena transportasi online yang bisa mengubah perilaku masyarakat. Terjadi diskusi mengenai perubahan apa yang sebenarnya dihadirkan oleh transportasi online. Perusahaan ini sebenarnya membingungkan, apakah ia perusahaan transportasi? Perusahaan penyedia jasa? atau justru perusahaan keuangan? Karena akhir-akhir ini promosi yang dilakukan justru terkait dengan teknologi keuangan yang bisa digunakan untuk transaksi berbagai kebutuhan sehari-hari. Hal ini menunjukkan Ambiguity, atau kondisi samar mengenai bentuk perusahaan atau perdagangan, yang merupakan salah satu ciri dunia digital saat ini. Situasi yang serba samar ini jelas membutuhkan keahlian lebih agar bisa bertahan dan bahkan sukses mangatasi tantangan dunia digital.

Lalu bagaimana nasib angklung dalam dunia digital ini? Akankah alat musik tradisional tetap mendapatkan tempat di dunia yang sudah semakin dikendalikan oleh teknologi? Para praktisi angklung perlu serius memikirkan bagaimana angklung bisa dikelola dengan cara-cara digital dan berbasis teknologi. Jika tidak, sangat mungkin angklung akan ditinggalkan dan punah begitu saja.

Kurang populer diketahui bahwa yang dilakukan oleh perusahaan transportasi online pada dasarnya adalah mengumpulkan data pengguna. Dalam dunia digital, data adalah kunci. Dengan data, semua hal dapat dirancang untuk membuat perubahan.

Salah satu tantangan dalam pengelolaan komunitas angklung saat ini adalah pendataan dan pendokumentasian. Dengan sebuah langkah pendataan yang sederhana, IndoLecture telah berhasil mengumpulkan sekitar 200 nama komunitas angklung. Komunitas-komunitas ini pun pada dasarnya memiliki banyak kegiatan, namun kurang terdokumentasikan dengan baik karena tidak adanya platform yang menjadi database. Di sisi lain, antusiasme masyarakat umum terhadap angklung juga meningkat. Masyarakat ingin menampilkan angklung di acara-acara mereka namun mengalami kesulitan ketika mencari di mesin pencari, tidak ada satu platform yang membuat mereka bisa mengontak komunitas-komunitas yang ada.

Berdasarkan kondisi-kondisi tersebut, IndoLecture meluncurkan AngklungKita yang merupakan website berisi database komunitas angklung beserta fitur booking penampilan angklung. Dalam fitur tersebut, masyarakat umum dapat memesan penampilan angklung lalu mempertimbangkan untuk memilih komunitas angklung yang ingin mereka undang berdasarkan portofolio yang terdapat pada halaman komunitas. AngklungKita juga memiliki section News yang akan menjadi ruang digital informasi-informasi tentang angklung. Untuk pengembangan di masa depan, AngklungKita juga akan menyediakan fitur booking alat musik angklung, booking tiket event angklung, database partitur angklung, halaman portofolio pelatih angklung, dan sebagainya.

Selama bulan Februari 2018, AngklungKita akan diujicoba kepada pengguna. Silakan mengunjungi www.angklungkita.com dan memberikan saran pengembangan ke nomor Whats App admin (08122192587). Nomor tersebut dapat langsung dihubungi melalui tombol “Need Help” yang ada di setiap halaman AngklungKita. Terdapat souvenir eksklusif untuk partisipan ujicoba.

Mari turun tangan bersama untuk pelestarian musik angklung Indonesia.

Salam budaya, salam kolaborasi.

Roswita Amelinda

 

Book Your Angklung Performance!

Calendar is loading...
captcha

Contact Us

We’d love to hear from you! Have a question? Find us below:

Office Address:  Jalan Suryalaya II no. 2, Bandung, Jawa barat

Phone Number:  +6281221925587