Menuju Era Angklung Tanpa Batas | AngklungKita

Menuju Era Angklung Tanpa Batas

by | Mar 5, 2018 | artikel

1938, tahun saat angklung diatonis kromatis ditemukan oleh Daeng Soetina. Tahun 1984, beliau wafat. 46 tahun Padaeng mengembangkan alat musik yang ia cintai seperti anaknya sendiri. Di tengah kondisi bangsa dan dunia global dalam rentang waktu tersebut, membawa sesuatu yang baru tentu tidak mudah. 46 tahun waktu yang terlalu singkat. Padaeng berusaha meletakkan fondasi-fondasi angklung diatonis kromatis mulai dari sistem pembuatan, penyusunan instrumen, distribusi, arransemen, pengajaran/pedagogi, hingga penampilan. Sebuah sistem makro yang membuat Padaeng pada dasarnya layak untuk mendapatkan gelar doktor di bidang musik atau pendidikan musik.

Tahun 2008, dalam perayaan 100  tahun Padaeng, musisi ternama Dwiki Dharmawan mendorong agar musik angklung mulai membuat karya-karya orisinal, tidak hanya memainkan karya-karya lain yang sudah ada. Saran ini sempat ditanggapi dengan berbagai kritik dan sanggahan. Apapun itu, akhirnya pesan ini cenderung hanya disimpan sebagai wacana karena ketidaksiapan SDM angklung untuk membuka cakupan musik angklung lebih luas lagi.

Adalah Yadi Mulyadi, musisi sekaligus akademisi musik lulusan Universitas Pendidikan Indonesia dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung yang terpanggil untuk membawa angklung maju ke era pengkaryaan atau pembuatan komposisi. “Saya percaya rencana-rencana Padaeng untuk mengembangkan angklung belum tuntas. Beliau musisi hebat dan inti dari musik adalah membuat karya. Sebagai akademisi musik yang menggeluti angklung, saya merasa terpanggil untuk melanjutkan cita-cita Padaeng” tukas Yadi.

9 Maret 2018, dicanangkan Yadi dan rekan-rekan Iwung Foundation sebagai titik awal kelahiran karya-karya orisinal angklung. Sebuah konser megah menampilkan komposisi-komposisi musik angklung karya Yadi Mulyadi akan diselenggarakan di Teater Tertutup Taman Budaya Dago Tea House Bandung. Konser ini bertajuk SORA-Sound of Heritage “The Beginning”.

Iwung Foundation memiliki semangat yang sama dengan IndoLecture melalui ruang digital AngklungKita yaitu melahirkan era angklung tanpa batas. Dengan tagline #ConnectsAngklungtoEveryone, AngklungKita berusaha mengatasi kesulitan akses masyarakat umum terhadap angklung. Dengan platform digital, ditargetkan masyarakat akan lebih mudah memesan angklung, penampilan angklung, membaca informasi tentang angklung, atau mengetahui acara-acara angklung, dengan prinsip pemberdayaan komunitas. Dengan konser SORA, Iwung Foundation ingin membuktikan musik angklung memiliki potensi untuk dieksplorasi menjadi karya-karya komposisi tingkat tinggi, tidak terbatas pada memainkan komposisi yang sudah ada. IndoLecture-AngklungKita mendukung konser SORA dengan menjadi ticket box konser ini. Silakan menghubungi admin di 081221925587 untuk pemesanan tiket. Sampai jumpa di malam musik angklung tanpa batas!

Roswita Amelinda

@witaangklung

Book Your Angklung Performance!

Calendar is loading...
captcha

Contact Us

We’d love to hear from you! Have a question? Find us below:

Office Address:  Jalan Suryalaya II no. 2, Bandung, Jawa barat

Phone Number:  +6281221925587